PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO)

Ignasius Kristanto, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Wardan Suyanto, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR E SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan tindakan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif hasil belajar siswa. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD)dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 63% dengan nilai rata-rata kelas 70,9. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 79% dengan nilai rata-rata kelas 78,06. Kata kunci: kooperatif tipe STAD, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.