KONTRIBUSI KONSEP DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN OTOMOTIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Suhatno Suhatno, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas TeknikUniversitas Negeri Yogyakarta
Noto Widodo, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas TeknikUniversitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi dari: (1) Kontribusi konsep diri siswa terhadap minat siswa kejuruan otomotif untuk berwirausaha, (2) Kontribusi lingkungan keluarga terhadap minat siswa kejuruan otomotif untuk berwirausaha, (3)Kontribusi prestasi belajar siswa kejuruan otomotif terhadap minat siswa untuk berwirausaha, (4)Kontribusi konsep diri, lingkungan keluarga, dan prestasi belajar siswa terhadap minat berwirausaha.Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif, Variabel dalam penelitian ini yaitu konsep diri, lingkungan keluarga, prestasi belajar sebagai variabel bebas dan minat berwirausaha sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Pengasih yang berjumlah 64 orang. Maka peneliti memutuskan menggunakan seluruh populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel konsep diri berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 21,1%, (2) Variabel lingkungan keluarga berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 16,8%, (3) Variabel prestasi belajar berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%, dan (4) Variabel konsep diri, lingkungan keluarga dan prestasi belajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswakelas XI di SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 48,3%.
Kata Kunci: konsep diri, lingkungan keluarga, prestasi belajar, minat berwirausaha


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.