PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH 8.0 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL

Nurul Ismunandar, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Noto Widodo, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan ini adalah untuk memperoleh informasi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaraan berbasis Macromedia Flash 8.0 pada kompetensi sistem pengisian konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0 terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar terlihat presentase skor motivasi belajar siswa dari pra siklus sebesar 60,59%, pada siklus I sebesar 68,80% dan siklus II sebesar 79,97%. Selain itu data dari angket, presentase angket motivasi belajar siswa siklus I sebesar 73,71% dan presentase siklus II sebesar 81,42% Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata – rata kelas sebesar 53,97 dengan 20,69% siswa yang mencapai KKM, siklus I nilai rata – rata kelas mencapai 63,79 dengan 37,93% yang mencapai KKM. Kemudian siklus II nilai rata – rata kelas siswa mencapai 76,38 dengan 82,76% yang mencapai KKM.
Kata Kunci : Macromedia flash 8.0, PTK, Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.