PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK RANGKAIAN KOMPARATOR PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL
Mochamad Solikin, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran praktik rangkaian komparator. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran praktik rangkaian komparator. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran rangkaian komparator sudah sesuai dengan desain yang telah dibuat. Media ini memungkinkan pengguna untuk merangkai rangkaian inverting dan non-inverting serta melakukan pegukuran pada rangkaian komparator bertingkat. (2) hasil uji kelayakan materi memperoleh rata-rata skor 3,7 dengan persentase 93,65% dan masuk dalam kategori sangat layak. Uji kelayakan media memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan persentase 86,06% dan masuk dalam kategori sangat layak. Uji coba penggunaan oleh mahasiswa memperoleh rata-rata skor 3,08 dengan persentase 76,94% dan dikatagorikan mudah digunakan. Kata kunci : media, training objek, Elektronika Analog dan Digital, Rangkaian Komparator.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.