PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PERBAIKAN UNIT KOPLING
Muhkamad Wakid, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan tanggapan siswa setelah penerapan media pembelajaran interaktif pada standar kompetensi perbaikan unit kopling. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XI Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen-komponen kopling, menjelaskan fungsi komponen kopling, menjelaskan cara kerja kopling. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata–rata hasil belajar siswa pada data awal hanya mencapai 6,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 59,09%. Setelah diterapkan media pembelajaran interaktif pada siklus I rata–rata hasil belajar mencapai 6,9 pada persentase ketuntasan klasikal 70,83%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 7,6 pada persentase ketuntasan klasikal 79,17%. Tanggapan siswa mengenai media pembelajaran adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan tetapi 69% masih membutuhkan penjelasan dari guru. Kata Kunci : Media interaktif, Hasil belajar, Perbaikan unit kopling.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.