MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR MAPEL PDTO

Komang Elien Swandewi, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Zainal Arifin, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dan tingkat keaktifan siswa setelah diterapkannya model pembelajaran make a match. Siswa kelas X TKR A menjadi subyek penelitian pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Variable yang diamati dan diukur adalah keaktifan dan hasil belajar siswa Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif dan lembar observasi. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan teknik statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan (1) Model pembelajaran make a match yang diterapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa pada indikator visual 0,63%; indikator lisan 22,55%; indikator mendengarkan 15,50%; indikator menulis 10,63%; dan indikator mental 11,17%. (2) Hasil belajar siswa terbukti meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran make a match sebesar 17,92%%. Kata kunci: hasil belajar siswa, keaktifan siswa, dan make a match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.