PENERAPAN STAD DIKOMBINASI TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKKR

Dwi Prasetyo, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Muhkamad Wakid, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) dikombinasi dengan Time Token untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 3 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk model pembelajaran STAD dikombinasi Time Token adalah: (a) Pengelompokan siswa secara heterogen (b) Penentuan skor awal siswa (c) Diskusi kelompok (d) Presentasi (e) Kuis atau tes (f) Perhitungan peningkatan skor individu, perhitungan skor kelompok, dan perhitungan sisa kupon (g) Penghargaan dan hukuman. (2) Rata-rata keaktifan siswa siklus I adalah 75.00 kemudian pada siklus II menjadi 78.91. (3) Rata-rata hasil belajar pra siklus adalah 70.97 kemudian pada siklus I menjadi 82.80, pada siklus II meningkat lagi menjadi 90.97. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dikombinasi Time Token dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci: STAD, Time Token, Keaktifan, Hasil Belajar, PKKR

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.