KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Candra Wicaksono, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Herminanto Sofyan, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar, (2) kontribusi Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar, (3) kontribusi Kebiasaan terhadap Prestasi Belajar, (4) kontribusi Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam, dengan jumlah 51 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar,yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,699>2,009; (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar,yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 6,412> 2,009. (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar,yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 8,587> 2,009.(4) terdapat kontribusi positif dan signifikan Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, dan Kebiasaan Belajar secara bersama-samaterhadap Prestasi Belajarsiswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam,yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: Fhitung 29,931>2,80pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,656 yang artinya sebesar 65,6% ketiga variabel ini secara bersama-sama berkontribusi terhadap Prestasi Belajar. Kata Kunci : kontribusi, motivasi belajar, lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.