FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

Muhammad Cholikin Nur, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Mochamad Solikin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran teknik sepeda motor di SMK 1 Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro yaitu 150 siswa dengan menggunakan tabel Nomogram Herry King menghasilkan sampel 120. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan 4 alternatif jawaban, , validitas kosntruks intrumen dengan menggunakan pertimbangan para ahli (judgement expert). Uji vaiditas internal menggunakan rumus korelasi product moment, uji coba instrumen sebanyak 30 siswa digunakan sebagai responden, untuk angket data dianalisis secara deskriptif dengan penyajian presentase. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan SPSS dengan rumus alfa cronbach untuk instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas XI dalam mengikuti mata pelajaran teknik sepeda motor di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro adalah faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut yang paling mendominasi adalah faktor eksternal dengan prosentase 65,2%. Kesulitan belajar pada faktor internal yang paling mendominasi adalah faktor psikologis dengan persentase 66,2% sedangkan kesulitan belajar pada faktor eksternal yang paling mendominasi adalah faktor sekolah dengan persentase 50,3%. Kata kunci : faktor-faktor kesulitan belajar, faktor internal dan faktor eksternal, teknik sepeda motor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.