PENERAPAN METODE BELAJAR PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Lilik Chaerul Yuswono, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses kegiatan belajar mengajar, menyelesaikan masalah yang terjadi dengan peningkatan aktifitas belajar dan menyelesaikan masalah peningkatan prestasi siswa kelas X Mekanik Otomotif B SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta dengan penerapan metode belajar peer teaching pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MB SMK Tamansiswa dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan: (1) Peningkatan aktivitas positif teori adalah 21,50%, sedangkan peningkatan aktivitas belajar positif praktikum adalah 19,24%, (2) Penurunan aktivitas belajar negatif teori sebanyak 6,43%, sedangkan penurunan aktivitas belajar praktikum sebanyak 12,22%, (3) Prestasi belajar pada siklus I adalah 74,13, sedangkan prestasi belajar pada siklus II adalah 87,60. Peningkatan prestasi belajar pra tindakan dengan siklus I sebanyak 78,27%, sedangkan pra tindakan dengan siklus II sebanyak 85,68%.
Kata Kunci: Dasar-Dasar Otomotif, Prestasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Peer Teaching
Refbacks
- There are currently no refbacks.