Pengembangan LKPD Berbasis PBL Terintegrasi Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarsari, R. (2022). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terintregasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik materi IPA Kelas 5 di SDI Surya Buana Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/36978/
Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590
Chairiyah, D. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI [Other, UNIVERSITAS UNJA]. https://repository.unja.ac.id/
Hamdi, A. S., & Baharuddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish. https://bintangpusnas.perpusnas.go.id/konten/BK7294/metode-penelitian-kuantitatif-aplikasi-dalam-pendidikan
Hidayati, N. K., & Astono, J. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(4), 321–329. jurnal.uny.ac.id.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis (A. Fawaid, Ed.). Pustaka Pelajar. https://onesearch.id/Record/IOS3757.JATEN000000000060887
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial (1st ed.). Prenadamedia Group.
Mardapi, D. (2018). Pengukuran Nilai dan Evaluasi Pendidikan. Mitra Cendikia Press. https://perpuskita.perpustakaandigital.com/detail/pengukuran-nilai-dan-evaluasi-pendidikan/59373
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331
Sedyawati, Prof. Dr. E., Hidayat, Prof. Dr. B., Ph. D, Prof. Dr. M. A., Zainuddin, Prof. Dr. I. B., Kusumohamidjojo, Prof. Dr. B., MM, Prof. Dr. A. S., SH, M. Sc, Prof. Ir. E. B., Amal, Prof. Dr. I., Ali, Prof. Dr. M., Prasodjo, Dr. I., Mart, Dr. T., & Margono, Prof. Dr. G. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Suparman, S. (2020). MENEMUKAN KARAKTERISTIK BUTIR MENGGUNAKAN QUEST. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 83–104. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.134
Syarif, N. S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Universitas Negeri Yogyakarta.
Widhiarso, W. (2011). APLIKASI ANAVA CAMPURAN UNTUK DESAIN EKSPERIMEN PRE-POST TEST DESIGN. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Widoyoko, E. P., & Eko, P. (2016). Teknik teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18436152253992363867&hl=en&oi=scholarr
Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes H., S. (2016). Stem: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. ResearchGate, 1. https://www.researchgate.net/publication/322353003_Stem_Apa_Mengapa_dan_Bagaimana
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
|  | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. | 
 





 
 



