Pengembangan LKPD Berbasis PBL Terintegrasi Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA

Nur Intan Budiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL terintegrasi pendekatan STEM yang layak untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, menghasilkan LKPD berbasis PBL terintegrasi pendekatan STEM yang praktis untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, menghasilkan LKPD berbasis PBL terintegrasi pendekatan STEM yang efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik salah satu SMA Muhammadiyah di Yogyakarta kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket awal dan akhir kemandirian belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis ( pretest dan posttest ). Teknik analisis data menggunakan cara analisis data kualitatif dan kuantitatif berupa Aiken's V (uji validitas angket dan soal isian), Interjudge Agreement (keterlaksanaan RPP), INFIT MNSQ (uji validitas dan reliabilitas angket dan soal isian), Manova (efektivitas media), dan Effect Size (data hasil soal pretest-posttest ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL terintegrasi pendekatan STEM layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, LKPD berbasis PBL terintegrasi pendekatan STEM praktis digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, LKPD berbasis PBL terintegrasi pendekatan STEM efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis. 

Keywords


kemampuan berpikir kritis; kemandirian belajar; LKPD; Problem Based Learning; STEM

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, R. (2022). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terintregasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik materi IPA Kelas 5 di SDI Surya Buana Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/36978/

Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Chairiyah, D. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI [Other, UNIVERSITAS UNJA]. https://repository.unja.ac.id/

Hamdi, A. S., & Baharuddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish. https://bintangpusnas.perpusnas.go.id/konten/BK7294/metode-penelitian-kuantitatif-aplikasi-dalam-pendidikan

Hidayati, N. K., & Astono, J. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(4), 321–329. jurnal.uny.ac.id.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis (A. Fawaid, Ed.). Pustaka Pelajar. https://onesearch.id/Record/IOS3757.JATEN000000000060887

Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial (1st ed.). Prenadamedia Group.

Mardapi, D. (2018). Pengukuran Nilai dan Evaluasi Pendidikan. Mitra Cendikia Press. https://perpuskita.perpustakaandigital.com/detail/pengukuran-nilai-dan-evaluasi-pendidikan/59373

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331

Sedyawati, Prof. Dr. E., Hidayat, Prof. Dr. B., Ph. D, Prof. Dr. M. A., Zainuddin, Prof. Dr. I. B., Kusumohamidjojo, Prof. Dr. B., MM, Prof. Dr. A. S., SH, M. Sc, Prof. Ir. E. B., Amal, Prof. Dr. I., Ali, Prof. Dr. M., Prasodjo, Dr. I., Mart, Dr. T., & Margono, Prof. Dr. G. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Suparman, S. (2020). MENEMUKAN KARAKTERISTIK BUTIR MENGGUNAKAN QUEST. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 83–104. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.134

Syarif, N. S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Universitas Negeri Yogyakarta.

Widhiarso, W. (2011). APLIKASI ANAVA CAMPURAN UNTUK DESAIN EKSPERIMEN PRE-POST TEST DESIGN. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Widoyoko, E. P., & Eko, P. (2016). Teknik teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18436152253992363867&hl=en&oi=scholarr

Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes H., S. (2016). Stem: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. ResearchGate, 1. https://www.researchgate.net/publication/322353003_Stem_Apa_Mengapa_dan_Bagaimana




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.