PENGEMBANGAN KOMIK DILENGKAPI AUGMENTED REALITY DAN GAME WORDWALL PADA PEMBELAJARAN TATA SURYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik yang dilengkapi augmented reality dan game wordwall pada pokok bahasan tata surya. Jenis penelitian ini adalah Research and Review Jurnal yang menggunakan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian untuk mengetahui tingkat validitas produk menggunakan lembar validasi ahli meteri, ahli media, dan ahli bahasa sedangkan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk menggunakan angket respon guru dan angket respon peserta didik. Jenis data yang didapatkan pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan aspek yang berbeda yaitu media, materi, dan bahasa yang termasuk kategori validitas sangat tinggi. Sedangkan tanggapan guru dari angket masuk dalam kategori sangat praktis. Hasil penilaian produk oleh peserta didik masing-masing 88% dan 85% untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yang termasuk kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa komik komik yang dilengkapi augmented reality dan game wordwall dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran Fisika pada materi tata surya.
Kata Kunci: Komik, Augmented reality, Game wordwall, Tata Surya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3 319-19650-3_2438
Fitria, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1. 31524
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.https://doi.org/10.31004/basicedu
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu .v4i2.373
Karina, Irawan, B., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Alat Peraga Gerhana Matahari Dan Bulan Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. 390–397.
Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Iquiry Discovery Learning (IDL terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 351. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i 3.4043
Margita, E., Sukmawati, R. A., & Adini, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 55. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1 .8404
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu .v5i5.1475
Nisrina, N., Rahmawati, I., & Hikmah, F. N. (2022). Pengembangan Instrumen Validasi Produk Multimedia Pembelajaran Fisika. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 10(1), 32–38.
Nugraeni, A., Vitasari, M., & Biru, L. T. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Discovery Learning Pada Tema Bertamasya Ke Tata Surya Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Smp. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 141–150. https://doi.org/10.29100/.v5i2.41 51
Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. In Kencana. Jakarta: Kencana. https://books.google.com/books/a bout/Desain_dan_Pengembangan _Program_Pelatiha.html?hl=id&i d=m_pDDwAAQBAJ
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2 .18524
Septiasari, E. A., & Sumaryanti, S. (2022). Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpok.v3i 1.18003
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi SeL. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagon al.v5i1.3208
Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i 1.33181
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19 i01.3963
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.22918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
|  | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. | 
 





 
 



