KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI VEKTOR

Alfan Als, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor, 2) peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik yang diberikan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor, dan 3) keefektifan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi-experimental dengan jenis Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching, 2) tidak terdapat peningkatan motivasi belajar yang bermakna pada peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching, 3) kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching memiliki pembelajaran yang paling efektif dilihat dari effect size hasil belajar yang berada pada kategori kuat.

Keywords


team games tournament; peer teaching; materi vektor; hasil belajar; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ainley, M. (2006). Connecting with Learning: Motivation, Affect and Cognition in Interest Processes. Educational Psychology Review, 18(4), 391–405. https://doi.org/10.1007/s10648-006-9033-0

Azwar, S. (2016). Reliabilitas Dan Validitas Aitem. Buletin Psikologi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/bpsi.13381

Budi, T. P. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik (1st ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Fritz, C. O., Morris, P. E., & Richler, J. J. (2012). Effect Size Estimates: Current Use, Calculations, And Interpretation. Journal of Experimental Psychology: General, 141(1), 2–18. https://doi.org/10.1037/a0024338

Gio, P. U. & Suyanto. (2018). Statistika Nonparametrik dengan SPSS, Minitab dan R. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/74my8

Goodlad, S., & Hirst, B. (1989). Peer Tutoring. A Guide to Learning by Teaching. New York: Nichols Publishing

Handayani, R. (2018). Remidiasi Pembelajaran Fisika Dengan Model Kooperatif STAD Menggunakan Metode Peer Teaching dan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI pada Materi Termodinamika di SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2017/2018. UNS

Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika Dengan Teori Tes Klasik dan Modern. Yogyakarta:UNY Press.

Lenhard, W., & Lenhard, A. (2017). Computation of Effect Sizes [Dataset]. Unpublished. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17823.92329

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Nuha Medika

Panggabean, J. H., Defi Siregar, M. S., & Rajagukguk, J. (2021). The Effect of Teams Games Tournament (TGT) Method on Outcomes Learning and Conceptual Knowledge in Physics Science. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1), 012047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012047

Retnawati, H. (2018). Teori Respons Butir dan Penerapannya: Untuk Peneliti, Praktisi Pengukuran dan Pengujian Mahasiswa dan Pascasarjana. Nuha Medika. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/143071/teori-respons-butir-dan-penerapannya-untuk-peneliti-praktisi-pengukuran-dan-pengujian-mahasiswa-dan-pascasarjana.html

Setyawarno, D. (2017). Analisis Data Pengukuran Menggunakan Program Quest. FMIPA UNY. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/256706/mod_resource/content/1/Quest%20UNY.pdf

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Sunggingwati, D. (2018). Cooperative learning in peer teaching: A case study in an EFL context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(1). https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11475




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.22748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.