Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbantuan 3D Application Scratch pada Topik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Muhammad Miftakhul Falah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Riki Perdana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Artikel ini membahas pengembangan media pembelajaran fisika melalui aplikasi Scratch 3D untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Indonesia, khususnya pada konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Dengan rata-rata tingkat belajar yang rendah, terutama dalam lingkup internasional, diperlukan pendekatan inovatif. Metode tradisional seperti ceramah dan gambar memiliki keterbatasan, sehingga artikel ini mengusulkan penerapan Scratch sebagai solusi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian melibatkan definisi konsep, perancangan media pembelajaran, dan uji validasi pada mahasiswa pendidikan fisika. Scratch memberikan antarmuka interaktif dengan animasi dan simulasi grafis GLBB, meningkatkan keterlibatan siswa. Uji validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang baik, sementara pembenahan pada kreativitas dan struktur masih diperlukan.Dengan memanfaatkan Scratch, artikel ini menyoroti potensi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika, khususnya GLBB. Simulasi tiga dimensi menciptakan pengalaman belajar yang dinamis. Penggunaan Scratch diharapkan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar fisika di Indonesia melalui pendekatan inovatif

Keywords


media pembelajaran, Scratch 3D, Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), hasil belajar, pendidikan fisika, inovasi.

Full Text:

PDF

References


Simamora, R., & Saragih, E. M. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Siswa Teradap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 45-52.

Telaumbanua, D. (2022). Analisis Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Fisika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 278-282.

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 69-79.

Idris, S. F., & Suhendi, H. Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “GEMBI” untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kota Bandung, Indonesia.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Research & Learning in Primary Education, Volume 2, No. 1, Halaman 104-109. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.20919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.