PENGEMBANGAN PHYSICS E-COMIC DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA

Tisha Purwestri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran physics e-comic dengan pendekatan konstekstual yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya; (2) Menghasilkan media pembelajaran Physics E-Comic dengan pendekatan kontekstual yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebarluasan). Produk yang dihasilkan adalah komik CoPEC (Contextual Physics E-Comic). Kelayakan komik CoPEC berasal dari pengisian angket validasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Analisis data kelayakan penelitian yaitu dengan data interval, SBI, formula Aiken’s V, Pearson correlation, Cronbach’s Alpha. Data keefektifan dapat diketahui dari peningkatan pemahaman konsep berdasarkan nilai pretest-posttest dan peningkatan minat belajar fisika berdasarkan angket minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran komik CoPEC. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan N-Gain, uji Kolmogorov-Smirnov, uji MANOVA, effect size, dan uji pos hoc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komik CoPEC dengan pendekatan kontekstual layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya; (2) komik CoPEC dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya..


Full Text:

PDF

References


Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurul, A., Mu’min, Sarwi, & Akhlis, I. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Simulasi Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 4(3), 66–71. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Hidayah, Reni (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Menggunakan Aplikasi Toondoo Berbasis Pendekatan Kontesktual Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar. Skripsi 63, 1–3.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.20353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.