PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS PAGEFLIP BOOK BERBANTUAN APLIKASI CANVA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva yang layak untuk pembelajaran guna meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA; (2) mengetahui minat belajar dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA yang menggunakan e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva; (3) mengetahui penguasaan materi peserta didik SMA yang menggunakan e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4D model atau 4P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk yang dihasilkan adalah e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva. Pengumpulan kelayakan dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh validator ahli yaitu dosen Pendidikan fisika FMIPA UNY dan validator praktisi guru fisika SMA Angkasa Adisutijipto. Pengumpulan data eningkatan minat belajar dan penguasaan dilihat hasil tes dan non tes, dimana untuk hasil tes dari skor nilai pretest dan posttest dan hasil non tes dengan pengisian angket minat belajar dan penguasaan materi sebagai pendukung variabel. Analisis data untuk tes maupun non tes menggunakan standar gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) E-Module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi vanva yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran fisika guna meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika; (2) E-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dengan kategori sedang; (3) e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva mampu meningkatkan penguasaan materi dengan kategori sedang.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, P.N., Albertus D.L.,& Rayendra W.B. (2017). Pembelajaran Fisika di SMA dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Kajian: Di SMAN 1 Tapen Bondowoso). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (2), 201-207.
Azwar, S. (2011). Tes Prestasi: Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka
Dinita, M. (2020). 12 Tools to Create an Infographic in 30 Minutes
Disah Nur Afifah, et al.(2015). Metode Sederhana Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Aplikasi Tracker Pada Gerak Parabola Sebagai Media dalam Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1),1-11
Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Hayati, Sri, Agus Setyo Budi, and Erfan Handoko. "Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik." Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Vol. 4. 2015.
Juliasnyah, W.A., Suryani, N., & Agung, L.S. (2016). Matematika dalam Multimedia Flipbook: Kreatifitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan. 16(1): 51-59.
Lashley, Y.G. (2014). Integrating computer technology in the teaching of Biology. Internastional Journal Of Biology Education, 3(2)
Lastri Indrana. (2020). Pengembangan e-book 3D berbasis aplikasi 3D pageflip materi system gerak terintegrasi keislaman kelas XI MA Darul Ulum Palangkaraya.
Lestari, Putri (2015). Pengaruh Waktu dan Minat Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI, 3(2) 115-125
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Module Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi Universitas Riau, 9(2):191-200
Miftah, M.(2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Belajar Siswa. Kemendikbud.
Mulyaningsih N.N. & Saraswati, D.L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1): 25-32
Permendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32, Tahun 2013, tentang standar Nasional Pendidikan.
Rahma, D. & Niken, S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D pageflip professional, 234-244.
Satria Adhi, et al. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola Untuk Siswa SMA. Jurnal Fisika, Universitas Negeri Semarang.
Sugihartono, et al. (2013). Psikolog Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajarannya. Bandung:FMIPA UPI
Thiagarajan, S; Semmel,D.S; & Semmel, M.I. (1974). Instruction Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University
TIM P2M. (2013). Pengembangan E-Module. LPPM UNS. Surakarta: UNS
Young, Haugh & Freedman, Roger A. (2001). Fisika Universitas. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama
Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 458-470.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.18743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
|  | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. | 
 





 
 



