ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI TAKSONOMI BARRET

Pajar Reza Pitria, Universitas Negeri Jakarta
Nidya Chandra Muji, Universitas Negeri Jakarta
Indra Jaya, Universitas Negeri Jakarta

Abstract


Abstrak: Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Taksonomi Barret. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Rincian tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar secara umum dan berdasarkan taksonomi Barret, (2) Mengetahui hambatan-hambatan dan faktor penghambat membaca pemahaman, dan (3) Mengetahui upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) Tes, (2) Dokumentasi, (3) Wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disintesa untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipayung 04 Pagi dengan subjek 30 siswa dan 1 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman, siswa mengalami kesulitan dalam menemukan jawaban yang terdapat dalam teks bacaan, memahami informasi yang tersirat dalam teks, menarik kesimpulan dari teks, menilai ide yang dipaparkan penulis, mengaitkan sikap dalam teks dengan kehidupan sehari-hari. Terdapat dua faktor hambatan membaca pemahaman pada siswa yaitu faktor internal (motivasi dan intelegensi) dan eksternal (keluarga dan cara mengajar guru). Upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dapat dilakukan dengan menggunakan alternatif metode membaca pemahamaan seperti metode SQ3R dan CIRC.

Kata kunci: Pemahaman Membaca, Taksonomi Barret, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Prastowo, & Anantama, R. (2020). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whastsapp di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 3(2), 524–532.

Almakahleh, A., & Alramamneh, A. (2019). The Impact of A Program Based on SQ3R Strategy to Improving Reading Comprehension Skills among Students with Learning Disabilities in the Sixth Grade. An-Najah University Journal for Research - B (Humanities), 33(2), 275–304. https://doi.org/10.35552/0247-033- 002-005

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v 4i4.3298

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2336–2344. Barrett’s, T. C. (1967). The Evaluation of Children’s Reading Achievement Perspectives in Reading.

Bartin, T. (2018). Pendidikan Orang Dewasa Sebagai Basis Pendidikan Non Formal. Jurnal Teknodik, 156–173. https://doi.org/10.32550/tekn odik.v10i19.398

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 116–125.

Benu, D. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan PBL Terhadap Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Pu’an Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(9), 1–23.

Bulut, A. (2017). Improving 4th Grade Primary School Students’ Reading Comprehension Skills. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.13189/ujer. 2017.050103

Clymer, T. (1968). "Current Conceptions of Reading”, Innovations and Change in Reading Instruction, ed. Helen M. Robinson. The Sixty- eventh Yearbook of the National Society for the Study of Education, Part 2. University of Chicago Press.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

GÖÇER Assoc, A. (2014). the Assessment of Turkish Written Examination Questions Based on the Text in Accordance With the Barrett’S Taxonomy. International Journal of Languages’ Education and Teaching, 3.

Guntari, Bukhari, & Habibah, S. (2017). KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH

Guntari, Bukhari, Syarifah Habibah. 2, 39–46. Gutami, I. K., Prismutitomi, A. R., Laverda, J. C., Nikmah, K., Jundullah, M., Rochmadhoni, N., Primasari, R. N., Kurniati, A. D., Bella, A., Nafi’ah, M. Z., Syaifudin, A., Ulya, I. H., Indrianingsih, E., Rohmah, S. N., Ningsih, S., & Prastiwi, C. H. W. (2021). Read Aloud Buku Cerita Dwi Bahasa (Bilingual) untuk Membangun Literasi Bahasa Indonesia dan Inggris. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 153–159.

Jelatu, S., Mandur, K., Makur, A. P., Nendi, F., & Gunur, B. (2019). Konstruksi Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru- Guru Matematika SMP di Manggarai Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 214. https://doi.org/10.26877/e- dimas.v10i2.3070

Kristiani, E., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 197–211. https://doi.org/10.37478/jpm. v2i2.1027

Lim, C. K., Eng, L. S., & Mohamed, A. R. (2014). Benchmarking Year Five students’ reading abilities. English Language Teaching, 7(5), 50–58. https://doi.org/10.5539/elt.v7 n5p50

Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 195–214. https://doi.org/10.19109/jip.v 6i2.5754

Melinia, S., Hadi Saputra, H., & Oktaviyanti, I. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 158–163.

https://doi.org/10.29303/jcar. v4i3.2039

Mohd Yussof, Y. (2013). Students’ Reading Comprehension Performance with Emotional Literacy-Based Strategy Intervention. International Journal of Education and Literacy Studies, 1(1),82–88.

https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v. 1n.1p.82

Moon, A. L., & Young, E. (2021). Teacher perceptions on implementing a reading program. Journal of Instructional Pedagogues, 26(1), 1–22.

Mustika, L., Fitri, R. K., Simanjuntak, R. P., Sulatriatun, Shalsabillah, Z., Destrinelli, & Sofwan, M. (2020). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Journal GEEJ, 7(2).

OECD. (2019). PISA 2018 results volume I: What students know and can do.: Vol. I. OECD Publishing.

Prahesti, A., & Islamiah, N. (2020). the Effects of Using Short Story on Reading Learning At the Ninth Grade of Mtsn 5 Batola Academic Year 2019/2020. 2020, 67–70.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v 4i3.406

Reeves, C. (2012). Developing a Framework for Assessing and Comparing the Cognitive Challenge of Home Language Examinations. July.

Saputra, N., Aida, N., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Sigli, A.-H. (2019). Keberadaan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial. 368–383.

Sholihah, N. A. (2021). Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Kipas Kata pada Anak Kelompok A di RA. al-Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo. Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 175–217. https://doi.org/10.54180/joec es.2021.1.2.175-217

Siregar, N. R., Ilham, M., & M., M. (2020). The Influence of Survey, Question, Read, Recite, Review Method Toward Reading Comprehension Ability Mediated by Working Memory. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1),85. https://doi.org/10.23887/jpi- undiksha.v9i1.23101

Siregar, Z., & Eldarifai, M. Z. (2023). Tela ’ ah Mengenai Pendidikan Formal , Non Formal , Dan Informal Serta Hubungannya Dengan

Pengembangan Mutu Pendidikan Islam. 7, 27134–27142.

Tazqia Aulia Rahmawati. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 25.

Wahyuningsih, A., & Kiswaga, G.E. (2019). The effectiveness

of CIRC learning model and PQ4R learning model on reading comprehension skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 82–93. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.9 701

Yampap, U., & Hasyda, S. (2021). Penggunaan Media Kartu Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 187–191.

https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2. 457


Refbacks

  • There are currently no refbacks.