Bentuk Penyajian Kesenian “Reog Dhodhog Setyo Budoyo” Di Dusun Brongkol Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunungkidul

Ristika Novitasari, Marwanto Marwanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan utuk mendiskripsikan Bentuk penyajian kesenian Reog Dhodhog Setyo Budoyo di Dusun Brongkol Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunungkidul.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kesenian Reog Dhodhog Setyo Budoyo di Dusun Brongkol Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah perangkat desa, pengurus kesenian reog, penari, dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan alat bantu perekam suara, pedoman wawancara, dan kamera. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini adalah Bentuk Penyajian Kesenian Reog Dhodhog Setyo Budoyo di Dusun Brongkol, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Reog Dhodhog Setyo Budoyo berdiri pada tahun 1997 yang diprakarsai oleh Bapak Kartono dan Bapak Sagiman. Struktur penyajian Reog Dhodhog Setyo Budoyo dibagi menjadi 3 babak yaitu babak 1 adalah pembuka, babak 2 inti dan babak 3 adalah penutup. Elemen yang mendukung bentuk penyajian kesenianini adalah : gerak, pola lantai, property, tata rias, tata busana, iringan dan tempat pertunjukan. Kesenian Reog Dhodhog Setyo Budoyo biasanya dipentaskan di pelataran Balai Pedukuhan pada acara Bersih Desa atau Rasulan namun apabila ada tanggapan biasanya dilaksanakan di lapangan atau tempat yang cukup luas.

 

Kata Kunci : Bentuk Penyajian, Kesenian, Reog Dhodhog Setyo Budoyo

Full Text:

DOCX

References


Endah Febriana N. 2014. Bentuk Penyajian Kesenian Reog Dhodhog di Dusun Pedes Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Skripsi UNY. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta Hadi, Sumandiyo. 2011. Koreografi (Bentuk-Teknik-Isi). Yogyakarta: Cipta Media Hartono. 1980. Reog Ponorogo. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kayam Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan Kurniawati, Mareta H. 2014. Keberadaan Kesenian Reog Dalam Upacara Adat Rasullan di Desa Wiladeg Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Skripsi UNY. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta Kussudiardja, Bagong. 1981. Tentang Tari Yogyakarta: CV. Nur Cahaya La meri, terjemahan Soedarsono. 1986. Elemen-Elemen Dasar Komposisi Tari. Yogyakarta: Lagaligo Untuk Fakultas Kesenian Institut Seni Indonesia Yogyakarta Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Purwadi. 2005. Kamus Jawa-Indonesia, Indonesia-Jawa. Yogyakarta: Bina Media Smith, Jacquiline. 1985. Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru, Yogyakarta: Ikalasti Yogyakarta Soedarsono. 1977. Tari-tarian Rakyat Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud _________. 1976. Mengenal Tari-tarian Rakyat Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia Sumber Internet : http://www.gedangsari.com/reog-dhodhog-wujud-nyata-kesenian-asli-gunungkidul.html diunduh pada Jumat, 23 September 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.