NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI INAI PADA UPACARA PERKAWINAN ADAT MELAYU

Meliarika Widyanti Putri, Kusnadi Kusnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam tari Inai pada upacara perkawinan adat Melayu.

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Objek material penelitian ini adalah tari Inai, sedangkan objek formalnya adalah nilai pendidikan karakter. Subjek penelitianini adalah pelatih tari Inai di Sanggar Megad Syah Alam. Instrumen utama di dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam melaksanakan penjaringan data, peneliti dipandu oleh panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Teknik untuk mencapai kredibilitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tari Inai dapat dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu (1) nilai pendidikan karakter hubungannya dengan Tuhan, (2) nilai pendidikan karakter hubungannya dengan diri sendiri, (3) nilai pendidikan karakter hubungannya dengan sesama dan (4) nilai pendidikan hubungannya dengan kebangsaan. Nilai pendidikan karakter hubungannya dengan Tuhan bersifat religius. Pada tari Inai nilai yang diajarkan yaitu selalu percaya, ingat, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara berdoa dan menaati perintah dan menjauhi larangan Nya. Nilai pendidikan karakter hubungannya dengan diri sendiri, mengajarkan agar setiap individu memiliki pikiran, sikap, perilaku, dan tindakan yang positif. Dalam hal ini nilai yang ditanamkan adalah keberanian, percaya diri, teguh pada pendirian, dapat membedakan baik dan buruk, serius, tegas, telaten, sopan. Nilai pendidikan karakter hubungannya dengan sesama pada tari Inai mengajarkan kebersaman, kerukunan, solidaritas, toleransi, dan saling menghormati. Nilai pendidikan karakter hubungannya dengan kebangsaan pada tari Inai mengajarkan agar setiap individu memiliki rasa mempertahankan identitas bangsa melalui budaya.

Kata Kunci:nilai pendidikan karakter, tari Inai, perkawinan Adat Melayu


Full Text:

DOCX

References


Asmani, J. M. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Dewantara, K. H. 2004. Ki Hajar Dewantara (Bagian Pertama: Pendidikan). Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa Endraswara.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Koesoema, D. 2007. Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: PT Grasindo.

Malik. A. (2009). Telaah Budaya Corak dan Ragi Unggulan Kabupaten Lingga. Tanjungpinang.

Thalib, M. I. 2009. Tata Cara Adat Perkawinan Melayu Di Daik Lingga. Pekanbaru. Unri Press.

Lickona, T. 2013. Educating for Character (Terjemahan). Bandung : Nusa Media.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://www.zonareferensi.com/pengertian-nilai/ (11 September 2018)

http://repository.unand.ac.id/22742/1/4_PANDUAN_PELAKS_PENDIDIKAN_KARAKTER.pdf ( diunduh 11 September 2018)

https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf ( diunduh 11 September 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.