FAKTOR-FAKTOR PENDORONG SARJANA KEPENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MENGIKUTI PROGRAM SM3T TAHUN 2016

Bryan Pratama Listyanto, Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong sarjana
kependidikan program studi pendidikan sosiologi UNY mengikuti Program
Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal
(SM3T
). Penelitian
ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan
pada penelitian ini yaitu sarjana sosiologi yang mendaftarkan diri dalam program
SM3T pada tahun 2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling, sedangkan teknik pengumpulan data meliputi, wawancara,
dokumentasi, dan studi pustaka.Validitas data dalam penelitian ini menggunakan
metode triangulasi.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif
Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa
faktor-faktor pendorong sarjana pendidikan sosiologi mengikuti program SM3T
terdapat 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
meliputi
(1) persepsi,
(2) pengalaman kerja dan
(3
) minat profesi guru, sedangkan
untuk faktor eksternal meliputi
(1) beasiswa PPG dan
(2) gaji. Adapun dampak
positif dari program SM3T yaitu program SM3T sangat membantu dalam
peningkatan kualitas pendidikan di berbagai pelosok daerah Indonesia.
Kata Kunci: Sarjana Pendidikan, SM3T, Faktor Pendorong

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417