HAMBATAN-HAMBATAN GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KALASAN

Atik Solikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui hambatan Guru IPS di SMP Negeri 2 Kalasan dalam mengembangkan media pembelajaran. Penelitian  bertujuan untuk : (1) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPS. (2) Adanya penelitian ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pengembangan media pembelajaran IPS.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kalasan. Waktu penelitian mulai bulan Juni- Agustus 2018. Subjek penelitian ini adalah tiga guru IPS yang mengampu di kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan  triangulasi teknik, sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hambatan dalam mengembangkan media pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalasan berupa: a) Guru kesulitan dalam merencanakan Pengembangan materi pembelajaran masih terpaku pada buku guru dan buku siswa. b) Guru  kesulitan dalam membuat media pembelajaran berbasis audio terutama untuk guru IPS yang sudah tua. c) Guru mengalami kesulitan dalam menggunakan media karena tidak menguasai dalam penggunaan media. d) Keterbatasan pada fasilitas sekolah yang ada. (2)  Upaya-upaya guru dalam mengatasi hambatanpengembangan media pembelajaran IPSadalah: a)Guru berupaya mengkomunikasikan permasalahan kepada pihak sekolah dan guru sejawat lainnya. b)Guru IPS terus berusaha untuk dapat megembangkan media pembelajaran dengan cara belajar kepada guru IPS yang muda atau guru sejawat agar media yang dibuat menjadi menarik. c)Kepala sekolah berupaya meningkatkan kemampuan guru dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Anderson, R.H.(1987).Pemilihan dan pengembnagan media untuk pembelajaran Jakarta:CV Rajawali.

Hasil Nilai Ujian Nasional SMP Tahun 2018. Diakses pada tanggal 9 September 2019darihttp://pusoendik.kemdikbud

go.id/hasil-un.

Munandi,Y.(2014). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi: (GP Press Group).

Nurseto,T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik.Jurnal Ekonomi Pendidikan. Volume 8, Nomor 1 diampil pada 18 September 2019.Dari https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=2&q=pembuatan+media+pembelajaran&qst=br#d=gs_qabs&u=%23p%eD2NAHA_m7lVkJ

Prihatina, & Sudrajat. (2015) Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk pembelajaran IPS siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan IPS Volume 5, nomor 8, 18 September 2019. Dari https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/viewFile/4244/3904

Sadiman.(2014). Media pendidikan pengertian ,pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Soeharto. (2003). Teknologi Pembelajaran Pendekatan Sistem, Konsep, dan Model, Evaluasi, Sumber Belajar fan Media. Surabaya: SIC.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif,dan R&D Bandung :Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di sekolah dasar Jakarta: Premadamedia Group.

Supardi, & Saliman. (2009). Penanaman nilai-nilai pembelajaran IPS di SMP. Penelitian oleh Fakultas Ilmu sosial UNY, 18 September 2019. Darihttps://staffnew.uny.ac.id/upload/132049942/penelitian/pendidikan%dalampembelajaranIPS.

Supardi. (2013). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta : Ombak.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiastuti, A. & Supardi. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPS terpadu berbasis audio visual. Jurnal JIPSINDO Volume 2, Nomor 1, Maret 2015. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo&ved=2ahUKEwp8joytbaahxey08kha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com