Pengembangan Video Pembelajaran Pengujian Titik Nyala dan Titik Bakar Aspal pada Mata Kuliah Praktikum Konstruksi Jalan

Ridwan Faqih Hidayat, Dian Eksana Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran pengujian titik nyala dan titik bakar aspal di Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (2) Mengetahui hasil pengembangan video pembelajaran pengujian titik nyala dan titik bakar aspal pada mata kuliah Praktikum Konstruksi Jalan. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner angket yang ditujukan secara offline kepada mahasiswa, dosen validator ahli materi dan dosen validator ahli media dengan interpretasi skor sesuai dengan skala likert. Hasil penelitian yang didapat yaitu: (1) Terciptanya video pembelajaran pengujian titik nyala dan titik bakar aspal melalui tahapan tahapan penelitian define, design, develop dan disseminate. (2) Tahap Define didapatkan kebutuhan media pembelajaran berupa video guna membantu dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran, tahap Design didapatkan rancangan video pembelajaran pengujian titik nyala dan titik bakar aspal, tahap Develop didapat hasil validasi kelayakan media menurut ahli materi dengan skor 93 poin dari 155 poin maksimal dan persentase 75% dengan kategori “Layak”, validitas menurut ahli media dengan skor 100 poin dari 105 poin maksimal  dan persentase 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Tahap Disseminate didapatkan hasil tes validasi pengguna dengan skor 2812 poin dari 3000 poin maksimal dan persentase 94% dengan kategori “Sangat Layak” dan video dikemas dalam bentuk powerpoint show dan soft file yang di upload ke dalam layanan penyimpanan awan OneDrive yang kemudian disebarkan secara online menggunakan link.

Kata Kunci: Media; Video; Pembelajaran; Titik nyala dan titik bakar aspal


References


Carina, A., M, R. F., Purnawirawan, O., & R, N. G. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran dan Buku Elektronik Dasar-Dasar AutoCAD 2021. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 30–37. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpts/article/view/48591

Detikcom. (2020). Respons COVID-19, Jokowi: Pelajar dan Mahasiswa Belajar dari Rumah. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-4939888/respons-covid-19-jokowi-pelajar-dan-mahasiswa-belajar-dari-rumah

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28–39. https://doi.org/10.21831/JPTK.V23I1.9352

Marva, Felia. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Geomatika II untuk Program Studi S1 PTSP FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(2), 140–152. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpts/article/view/53964

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2012). Animation as an aid Multimedia Learning. Educational Psycology Review, 87–99.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/BIO.V6I2.9759

Solikin, M., Yudianto, A., & Adiyasa, I. W. (2022). The Development of Learning Media of 2-Stroke Engine Manufactured by 3D Print for Distance Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 28(1), 121–129. https://doi.org/10.21831/jptk.v28i1.47499

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.

Triaghosa, E., Suryaman, H., Hendra Wahyu Cahyaka, dan, & Teknik Bangunan, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Berbasis Animasi Power Point Materi Instalasi Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(2), 153–167. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpts/article/view/53878

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.