PENDIDIKAN KARAKTER DI KAWASAN BERESIKO PROSTITUSI PASAR KEMBANG : STUDI KASUS DI TK PKK SOSROWIJAYAN YOGYAKARTA

Yulia Fauzi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan, 2) mengidentifikasi karakter yang terbentuk dalam pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan, dan 3) mendeskripsikan tantangan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa, guru, kepala sekolah, dan orangtua siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kajian dokumen. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi data, perpanjangan penelitian dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pendidikan karakter di TKK PKK Sosrowijayan menggunakan metode belajar sambil bermain dan karyawisata. Guru menggunakan metode pembiasaan, dan teladan pada siswa, yang juga diberikan reward bagi siswa, 2) Karakter yang terbentuk yakni religius, kesopanan, cinta kebersihan dan keberanian, 3) tantangan dalam pelaksanaannya yakni lingkungan prostitusi yang tidak mendukung, rasa ingin tahu anak yank tinggi, dan mencari guru honorer untuk pelajaran seni lukis, seni tari dan marching band.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Taman Kanak-kanak, Kawasan Prostitusi

Abstract
This study aims to 1) describe the implementation of character education in TK PKK Sosrowijayan,
2) to identify the character formed in character education in TK PKK Sosrowijayan, and 3) to describe the challenge in the implementation of character education in TK PKK Sosrowijayan.
This research is a case study research using qualitative approach. Subjects in this study ie students, teachers, principals, and parents. Data were collected using interview method, observation and document review. The validity of the data used is data triangulation, research extension and peer discussion.
The results showed that 1) the implementation of character education in TKK PKK Sosrowijayan using learning methods while playing and field trip. The teacher uses the method of habituation, and the example on the students, which is also given rewards for students, 2) the character that is formed that is religious, politeness, love cleanliness and courage, 3) the challenge in the implementation of the environment prostitution is not supportive, , and looking for honorary teachers for painting, dance and marching band lessons.
Keywords: Character Education, Kindergarten, Prostitution Area


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics