PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG SISTEM AMONG DI SMP TAMAN DEWASA KUMENDAMAN YOGYAKARTA

Marselina Tri Widisaputri

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konsep pendidikan Ki Hadjar
Dewantara tentang sistem among di SMP Taman Dewasa Kumendaman Yogyakarta. Jenis penelitian ini
kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu ketua Majelis Luhur Tamansiswa, kepala sekolah, pamong, peserta
didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data
dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitan (1) Konsep pendidikan sistem among terdapat dua landasan
yaitu a) kemerdekaan, peserta didik tidak dikekang agar tidak ketergantungan dalam jangka waktu
panjang. b) kodrat alam, mendidik anak dengan kemampuan yang ada dalam dirinya. Mendidik
berdasarkan situasi dan kondisi peserta didik dan pamong menggunakan pendekatan terapi mesra. (2)
penerapan sistem among, a) kemerdekaan, penerimaan peserta didik tidak berdasarkan nilai NEM yang
dicapai saat SD. Saat pembelajaran mulai, ada peserta didik yang bermain HP, makan, dan asyik dengan
teman-temannya. Namun, pamong tidak membentak-bentak. Peserta didik tidak wajib mengikuti
ekstrakurikuler. b) kodrat alam, pamong melakukan home visit untuk mengetahui keadaan lingkungan
peserta didik secara intensif. Pamong memberikan contoh dalam pelajaran yang tidak membuat
ketersinggungan peserta didik. (3) Kendala internal: fasilitas yang kurang memadai, pamong yang sebagian
bukan dari tamansiswa, peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Kendala
eksternal: orangtua peserta didik yang tidak peduli, lingkungan pergaulan peserta didik.
Kata kunci: konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara, sistem among, SMP Taman Dewasa
Kumendaman Yogyakarta

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i8.10313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics