ENGARUH KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA LINGKUP ORMAWA FAKULTAS EKONOMI UNY

Fairus Rahmi, Sailendra Pangesti, Balqis Syathiri, Ida Febriana

Abstract


Organisasi mahasiswa sebagai kegiatan di tingkat perguruan tinggi mempunyai tujuan untuk menjadi wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan peningkatan ilmu dan pengetahuan, serta integritas kepribadian mahasiswa. Keikutsertaan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta memberikan dampak pada sisi akademik maupun non-akademik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji bagaimana pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap kompetensi interpersonal dan prestasi belajar. Teknik yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai metode ex post facto yaitu penelitian dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika penelitian mulai dengan pengamatan variabel terikat pada suatu penelitian. Pengurus aktif dari 11 unit kegiatan mahasiswa dan organisasi mahasiswa menjadi populasi objek penelitian ini di mana pemilihan sampel dengan metode convenience sampling. Teknik analisis data pada penelitian memakai teknik regresi sederhana yang diujikan ke dua hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap kompetensi interpersonal dan ada hubungan pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap dan prestasi belajar.


Keywords


Mahasiswa, Organisasi, Interpersonal, IPK

Full Text:

PDF

References


Agus, M. W. (2013). Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Baharsyah, M. S. (2017, Agustus). Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Lembaga Kemahasiswaan dengan Kepercayaan Diri dan Kompetensi Interpersonal pada Mahasiswa PGSD FIP UNNES. Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: lib.unnes.ac.id.

Lestari, S. W. (2015). Pengaruh Keaktifan Berorganiasai Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Negeri Alauddin Makassar, Fakultas Ilmu Kesehatan. (hal. 18). Makassar: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nashori, F. (2000). Hubungan antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal mahasiswa. Jurnal Anima, 16(1), 32—40.

Sari, R. (2019). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Kematangan Beragama dengan Kompetensi Interpersonal pada Aktivis Dakwah Kampus UIN SUSKA Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Psikologi. (hal. 13). Pekanbaru: reposity.uin-suska.ac.id.

(2019). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Kematangan Beragama dengan Kompetensi Interpersonal pada Aktivis Dakwah Kampus UIN SUSKA Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Psikologi. (hal. 15). Pekanbaru: reposity.uin-suska.ac.id.

(2019). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Kematangan Beragama dengan Kompetensi Interpersonal pada Aktivis Dakwah Kampus UIN SUSKA Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Psikologi. (hal. 17). Pekanbaru: reposity.uin-suska.ac.id.

Pearson Education, I. (2015). Manajemen. Dalam S. P. Robbins, M. Coulter, A. Maulana, C. GPH, O. M. Dwiasri, S. Saat, & W. Hardani (Penyunt.), Management (B. Sabran, & D. B. Putera, Penerj., hal. 6). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Putri, C. E. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2016/2017. IAIN Metro, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. (hal. 20). Metro: repository.metrouniv.ac.id.

(2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2016/2017. IAIN Metro, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keagamaan. (hal. 35). Metro: reposity.metrouniv.ac.id.

(2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadapa Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusa Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Metro. IAIN Metro, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. (hal. 36). Metro: reposity.metrouniv.ac.id.

Putri, D. M. (2015). Perbedaan Kompetensi Interpersonal pada Mahasiswa yang Memiliki dan Tidak Memiliki saudara Kandung. Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Prikologi. (hal. 5). Salatiga: https://repository.uksw.edu/.

Safar, N. F., Rasyid, M. R., & Yuliany, N. (2019, November). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Al-Asma: Journal of Islamic Education, Vol. 1(No. 2), 53-62.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutrisno, & Dewi , W. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk. Aksioma, 37-53.

Wardah. (2020). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi BPI IAIM Sinjai. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai, Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam. Sinjai: iaimsinjai.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fairus Rahmi, Sailendra Pangesti, Balqis Syathiri, Ida Febriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.