Pengembangan Media Pembelajaran Nuntoon Berbasis Artificial Intellengence untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak

Anisa Mei Fadila Wati, Santi Mustikasari, Ratna Puji Rahayu, Mutiara Nurul

Abstract


Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan mencatat bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia tahun 2019 berada pada angka 38,03% (OJK, 2020). Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kemampuan individu dalam hal literasi keuangan adalah dengan melakukan pendidikan literasi keuangan sejak dini. Penggunaan aplikasi literasi keuangan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan literasi. Untuk itu, kami melakukan penelitian pengembangan research and development produk aplikasi literasi keuangan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dengan tujuan untuk 1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran literasi keuangan berbasis artificial intelligence untuk anak-anak 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran literasi keuangan berbasis artificial intelligence yang dikembangkan untuk anak, dan 3) Mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran literasi keuangan berbasis artificial intelligence untuk anak.
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model APPED yang terdiri dari tahap analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, serta diseminasi. Pada tahap analisis dan penelitian awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis siwa, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap perancangan dilakukan penyusunan materi comic strip, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap produksi dilakukan pembuatan aplikasi sekaligus validasi dari ahli materi dan ahli media. Pada tahap evaluasi digunakan sebagai perbaikan penilaian produk sesuai arahan validasi materi dan validasi media. Pada tahap diseminasi dilakukan penggunaan produk terhadap siswa sekaligus mendaftarkan hak cipta melalui LPPM UNY. Subjek penelitian ini adalah sisswa kelas V SD Negeri 2 Padokan sebanyak 28 orang.
Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media skor rata-rata aspek materi adalah 3,89 (Layak) dan aspek media 3,92 (Layak). Selain itu, hasil penelitian ini tentunya memperoleh produk aplikasi literasi keuangan dan berdampak bagi siswa kelas lima sekolah dasar dikarenakan mendapatkan respon baik dari hasil kuesioner yang telah dilakukan sebesar 59,3% dari 28 responden.


Keywords


Nuntoon, Literasi Keuangan, Media, Artificial Intelligence

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo.

Badriyah, S. (2016). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Mili dan Kota Ajaib sebagai Media Pembelajaran Literasi Keuangan Komptensi Menabung dan Investasi untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Pakel Tahun Ajaran 2015/2016.

Gitman , L. (2004). Principle of Finance. Economic and Business.

Ilyana, S., & Sari, R. C. (2015). PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5870.

Kemenkes. (2017). Kemenkes. Retrieved Februari 20, 2021, from

https://promkes.kemkes.go.id/content/?p=7976 Diakses pada 27 Mei 2021.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lusardi, A. (2007). Baby Boomer Retirement Security: The Roles of Planning, Financial Literacy, and Housing Wealth . Journal of Monetary Economics, 205-224.

Murni. (2017). PERKEMBANGAN FISIK, KOGNITIF, DAN PSIKOSOSIAL PADA MASA KANAK-KANAK AWAL 2-6 TAHUN. Tarbiyah dan Keguruan, 19-33.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 717-187.

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case For A Clearer Definition In An Increasingly Complex Economy. Journal Of Consumer Affairs, 205-230.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pasca Sarjana UNY.

Yushita, A. N. (2017). PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI. Nominal, 11-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisa Mei Fadila Wati, Santi Mustikasari, Ratna Puji Rahayu, Mutiara Nurul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.