PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 WATES DIY

APRILIANA RUSLY HANIAH

Abstract


SMA Negeri 2 Wates ditunjuk oleh pemerintah sebagai sekolah percobaan dalam penerapan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Wates; (2) kendala pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Wates; dan (3) cara mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Wates.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah wakasek bagian kurikulum dan guru sejarah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Wates terlaksana sesuai dengan Permendibud Nomor 20, 21, 22, 23 dan 24 Tahun 2016; (2) Kendala-kendala selama di SMA Negeri 2 Wates meliputi kesiapan guru dan siswa, sumber belajar yang kurang sesuai materi, sistem penilaian yang belum terbiasa dengan penilaian yang lebih kompleks dan sarana prasarana terjadi kendala teknis pada LCD yang rusak; (3) Solusi kendala kesiapan guru yaitu sekolah lebih banyak memberikan workshop serta informasi yang terkait dengan pengembangan kurikulum 2013. Sedangkan pada siswa yaitu membiasakan siswa dengan tugas sehingga siswa dapat berpikir kritis dan kreatif. Pada sumber belajar yaitu dapat diatasi dengan e-book dan buku referensi yang ada di perpustakaan. Pada sistem penilaian guru harus mulai mencicil penilaian dengan setiap kali tatap muka atau pertemuan untuk memudahkan penilaian akhir. Terakhir pada sarana prasarana LCD yang rusak segera diperbaiki atau diganti

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto