IMPLEMENTASI METODE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA 2 DI SMA NEGERI 01 NGUTER SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Lilik Yakiba

Abstract


Keaktifan Belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPA 2 SMA Negeri 01 Nguter Sukoharjo belum optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui bagaimana impelentasi metode pembelajaran Listening Team untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah, 2) mengetahui kelebihan dalam penerapan metode Listening Team, 3) mengetahui kendala dalam penerapan metode Listening Team.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis, S dan Taggart, R. yang terjadi dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diggunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Validitas data dilakukan melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Listening Team dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 01 Nguter tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket penerapan metode Listening Team pada siklus I dihasilkan rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 77,85% mencapai indikator keberhasilan diatas 72%. Kemudian pada siklus II dengan penambahan media Power Point mengalami peningkatan sebesar 2,59% menjadi 80,44%, 2) Penerapan metode Listening Team memiliki kelebihan yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, siswa berani berpendapat, menyanggah pendapat teman, sehingga terjalin proses tanya jawab dalam kegiatan diskusi, 3) Kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode Listening Team yaitu dalam proses presentasi dan tanya jawab antar kelompok meenggunakan waktu yang cukup lama, sehingga melebihi waktu yang sudah ditentukan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto