PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUDIO VISUAL MENGENAI CANDI-CANDI PENINGGALAN MASA KERAJAAN MATARAM KUNO UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

Septi Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pengembangkan media pembelajaran interaktif audio-visual mengenai candi-candi peninggalan masa Kerajaan Mataram Kuno yang layak untuk digunakan dalam mata pelajaran sejarah; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif audio­-visual mengenai candi-candi peninggalan masa Kerajaan Mataram Kuno.

Penelitian menggunakan metode research and development. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Instrumen yang digunakan berupa lembar kuisioner untuk mengukur kelayakan produk. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan 1). Produk jadi media pembelajaran interaktif audio-visual mengenai candi-candi peninggalan masa Kerajaan Mataram Kuno yang dikembangkan dengan cara pengumpulan data, dubbing, audio-visual, pembuatan naskah, flowchart, hingga storyboard. 2). perhitungan uji validasi media pembelajaran oleh ahli media, ahli materi, dan uji coba kelayakan siswa calon pengguna diperoleh hasil: (1) validasi ahli materi terhadap aspek kebenaran konsep adalah 87,5, aspek materi adalah 92,5, dan aspek pembelajaran adalah 87,5. Nilai rata-rata dari ketiga aspek adalah 87,5 ; (2) validasi ahli media tahap pertama terhadap aspek konsep adalah 87,5, aspek materi adalah 90, dan aspek pembelajaran adalah 85. Nilai rata-rata dari keseluruhan 85.Aspek validasi tahap pertama adalah 85,sedangkan hasil validasi ahli media tahap kedua terhadap aspek konsep adalah 97,5, aspek materi adalah 100, dan aspek pembelajaran adalah 95. Nilai rata-rata dari ketiga aspek validasi tahap kedua adalah 97,5 ; (3) rata-rata uji coba kelayakan oleh siswa calon pengguna terhadap aspek tampilan adalah 84,5, terhadap aspek materi adalah 83,5, dan aspek pembelajaran adalah 85,25. Nilai rata-rata dari ketiga aspek uji coba kelayakan adalah 84,41.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto