PEMIKIRAN INDONESIERSCHAP LIEM KOEN HIAN (1929-1951)

Susi Andayani Susi Andayani

Abstract


Liem Koen Hian merupakan peranakan Cina yang pro-Indonesia, pemikiran nasionalisme Indonesianya disebut Indonesierschap. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) latar belakang kehidupan serta pandangan politik Liem Koen Hian; (2) kesadaran politik masyarakat Cina di Indonesia (1929-1951); (3) pemikiran Indonesierschap Liem Koen Hian (1929-1951).

Tahapan penelitian ini menggunakan metode menurut Kuntowijoyo, terdiri atas 5 tahap: (1) pemilihan topik; (2) heuristik, yaitu mengumpulkan sumber. Sumber primer dalam penelitian ini beberapa arsip yang berada di Arsip Nasional dan Perpustakaan Nasional; (3) kritik sumber, peneliti melakukan kritik ekstern dan intern; (4) interpretasi, peneliti menafsirkan fakta-fakta sejarah menjadi satu kesatuan; (5) historiografi, peneliti melakukan penulisan sejarah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Liem Koen Hian merupakan peranakan Cina yang pro-Indonesia. Liem pernah menduduki posisi penting dalam beberapa surat kabar seperti: Penimbang, Tjhoen Tjhioe, Soo Liem Poo, Sinar Soematra, Pewarta Soerabaia, Soeara Publiek, Sin Tit Po, dan Kong Hoa Po; (2) Kesadaran politik masyarakat Cina di Indonesia telah tumbuh sejak zaman Pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia. Orientasi politik masyarakat Cina di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu ke negeri Cina, Pemerintah Kolonial Belanda dan Indonesia; (3) Pemikiran Indonesierschap Liem Koen Hian yaitu “Kewarganegaraan Indonesia”, peranakan yang menganggap bahwa dirinya orang Indonesia dan ikut berjuang dalam kemerdekaan Indonesia, mereka adalah bangsa Indonesia. Perwujudan Indonesierschap Liem Koen Hian ketika Liem mendirikan Partai Tionghoa Indonesia (PTI), keterlibatannya dalam Badan Penyelidik Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), serta pendirian Persatuan Tenaga Indonesia (PTI-Baru).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto