KEBIJAKAN MILITER JENDERAL TNI L.B. MOERDANI SEBAGAI PANGLIMA ABRI 1983-1988

Yudhi Irawan

Abstract


Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia adalah pemegang komando angkatan bersenjata (TNI-AD, TNI-AU, TNI-AL dan Polri) dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Pada tahun 1983, Presiden Soeharto mengangkat Letnan Jenderal TNI L.B. Moerdani sebagai Panglima ABRI. Selama kepemimpinan Jenderal TNI L.B. Moerdani berbagai kebijakan tentang penghematan, perampingan organisasi dan peningkatan profesionalisme prajurit mampu dilakukan sehingga ABRI tampil sebagai alat pertahanan negara yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami proses pengangkatan Letnan Jenderal TNI L.B. Moerdani sebagai Panglima ABRI, (2) menganalisa kebijakan militer Jenderal TNI L.B. Moerdani sebagai Panglima ABRI, (3) mengetahui dampak kebijakan militer Jenderal TNI L.B. Moerdani sebagai Panglima ABRI.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah Kuntowijoyo yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama adalah menentukan topik penelitian, tahap kedua adalah heuristik atau pengumpulan sumber, tahap ketiga adalah verifikasi atau kritik sumber, tahap keempat adalah interpretasi yaitu proses menafsirkan fakta-fakta sejarah yang ditemukan dan tahap kelima adalah historiografi atau penulisan sejarah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan politik dan pendekatan militer.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 47/M mengangkat Letnan Jenderal TNI L.B. Moerdani sebagai Panglima ABRI, (2) Program kebijakan militer Panglima ABRI Jenderal TNI L.B. Moerdani tentang perampingan organisasi ABRI dinilai berhasil dan mampu menghemat pengeluaran ABRI dan tetap mampu meningkatkan profesionalisme prajurit, (3) Di bawah komando TNI L.B. Moerdani, ABRI mampu membina kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan di kawasan ASEAN dan sekitarnya.

 

Kata Kunci: Jenderal TNI L.B. Moerdani, Panglima ABRI, 1983-1988


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto