IBU RUSWO: PEJUANG PEREMPUAN DALAM TIGA ZAMAN (1928-1949)

Merci Robbi Kurniawanti

Abstract


Peranan perempuan dalam lintasan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia masih belum banyak dikaji. Salah satu sosok perempuan yang turut memberikan sumbangsihnya bagi bangsa Indonesia adalah Ibu Ruswo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latar belakang kehidupan Ibu Ruswo; (2) peranan Ibu Ruswo pada masa kolonial; (3) peranan Ibu Ruswo pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama ialah menentukan topik penelitian. Tahap kedua ialah heuristik atau pengumpulan sumber. Tahap ketiga ialah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat ialah interpretasi atau penafsiran. Tahap terakhir ialah historiografi atau penulisan sejarah.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ibu Ruswo merupakan sosok perempuan yang berasal dari kalangan orang Jawa biasa dan pendidikannya hanya sampai pada sekolah rendah, namun beliau memiliki kesadaran nasional yang tinggi terhadap nasib bangsa dan negaranya. (2) peranan Ibu Ruswo pada masa kolonial terbagi menjadi dua, yaitu masa pemerintaham Hindia Belanda (1928-1941) dan masa pendudukan Jepang (1942-1945). Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Ibu Ruswo aktif dalam Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI), organisasi perempuan (Istri Indonesia) dan Perkumpulan Pemberantasan Perdagangan Perempuan dan Anak (P4A). Pada masa pendudukan Jepang, Ibu Ruswo aktif dalam organisasi militer, yaitu Fujinkai dan Badan Pembantu Prajurit (BPP); dan (3) peranan Ibu Ruswo pasca kemerdekaan Republik Indonesia yaitu aktif mengkoordinir dapur umum, menjadi kurir dan aktif dalam Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKKP).

  Kata Kunci: Ibu Ruswo, Perempuan, Tiga Zaman (1928-1949).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto