PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH K-13 DI SMA N 1 KALASAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Sri Mulyani Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kualitas moral peserta didik yang terjadi di Indonesia yang mengakibatkan semua jenjang pendidikan menerapkan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah K-13 di SMA N 1 Kalasan; (2) kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah K-13 di SMA N 1 Kalasan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru sejarah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengujian keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan proses triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model Miles and Huberman

Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah K-13 di SMA N 1 Kalasan meliputi proses perencanaan, guru memasukkan nilai-nilai karakter kedalam RPP yaitu pada penilaian sikap. Pelaksanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran dilakukan pada saat diskusi kelompok dan presentasi. Untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi, guru melakukan evaluasi dengan memberi tes seperti ulangan harian, ulangan akhir, dan penugasan. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran melalui ulangan harian yang dilakukan secara separuh di luar dan separuh di dalam, dengan tujuan menanamkan nilai kejujuran dalam diri peserta didik. (2) Kendala yang dihadapi meliputi beberapa faktor seperti belum adanya laboratorium sejarah, muatan materi sejarah yang terlalu banyak, kurangnya kesadaran dari warga sekolah, alokasi waktu, dan lingkungan.

Kata Kunci: pendidikan karakter, pembelajaran sejarah, kurikulum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto