MODEL PERMAINAN UNTUK PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KELOMPOK B

S. M. Fernanda Iragraha, Hari Amirullah Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan untuk pengembangan sosial emosional anak TK kelompok B yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mentransfer ketiga domain belajar seraya anak bermain.Penelitian dan pengembangan yang digunakan model Gall & Borg, langkah-langkah penelitiannya: (1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan; (2) melakukan analisis instruksional; (3) menganalisis peserta didik dan bahan materi; (4) menulis tujuan kinerja; (5) mengembangkan instrumen penilaian; (6) mengembangkan strategi instruksional; (7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional; (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif pembelajaran; dan (9) merevisi instruksi. Hasil penelitian berupa model permainan untuk pengembangan sosial emosional anak TK kelompok B yang terdiri atas 6 aktivitas permainan yaitu: (1) permainan ular ceria; (2) permainan balok gembira; (3) permainan aku dan kamu; (4) permainan pancing botol; (5) permainan bola keranjang; dan (6) permainan bola pintar. Spesifikasi produk penelitian ini berupa buku dan panduan video (DVD) yang digunakan guru sebagai acuan untuk mengajar pengembangan sosial emosional pada anak TK kelompok B. Buku panduan ini berjudul “Permainan untuk Pengembangan Sosial Emosional”. Berdasarkan penilaian ahli materi dan praktisi dapat disimpulkan bahwa model permainan untuk pengembangan sosial emosional sesuai dengan kurikulum, karakteristik, serta efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pengembangan sosial emosional pada anak TK kelompok B.

Kata Kunci: model, permainan, pengembangan, sosial emosional

 

THE GAME MODEL TO DEVELOP SOCIAL EMOTIONAL ASPECT OF CHILDREN IN THE GROUP B OF KINDERGARTEN 

Abstract

This investigation was proposed to develop social emotional aspect of children in the Group B of Kindergarten by using the game model that were proper as an instructional media for transfering the domain aspects such as cognitive, affective, and psychomotor aspects during playing. The research and development that was applied in this study used the Gall & Borg model which consists of several steps: (1) assessing the needs to identify the purposes; (2) conducting instructional analysis; (3) analyzing learners and material resources; (4) writing the objectives of the performance, (5) develop the instruments for the assessment; (6) developing instructional strategies; (7) developing and selecting the instructional materials; (8) design and do a formative evaluation for the study; and (9) revising the instruction. The results show six activities of the game model to develop social emotional aspect of children in the Group B of Kindergarten. The game model consists of (1) the game of “cheerful snake”, (2) the game of “cheerful beam”, (3) the game of “me and you”, (4) the game of “bottle rod”, (5) the game of “basket ball”, and (6) the game of “smart ball”. The specification product from this experimental results can be a book and DVD, as a reference for teaching material in order to develop the aspect of social emotional of children in the Group B of Kindergarten. The book title is “Games for Social Emotional Development”. Based on the experts evaluation and some practitioners, this book was appropriate with the curriculum and characteristic, and also effective and feasible to be applied as media for developing social emotional of children in the Group B of Kindergarten.

Keywords: model, game, development, social emotional


Keywords


model; permainan; pengembangan; sosial emosional

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Corso, Robert M. (2007). Practices for enhanc-ing children’s social-emotional development and preventing challenging behavior. SAGE Publications, INC. Diambil pada tanggal 17 Juli 2014, dari http://search.proquest. com/docview/203258935?accountid=31324

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2007). Educational research: an introduction. 8th ed. Boston: Pearson Inc.

Kemendiknas. (2010). Kurikulum taman kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas.

Maksum, A. 2012. Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa.

Moleong, J.L. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutohir, T.C. & Ali M. (2007). Sport development index: Konsep metodologi dan aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Nurhasan. (2001). Tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani prinsip-prinsip dan penerapannya. Jakarta Pusat: Depdiknas.

Nur, H. (2012). Membangun karakter anak melalui permainan anak tradisional. Prosiding, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia ke-7 yang diselengga-rakan oleh UNY, tanggal 31 oktober - 3 November 2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v1i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 JURNAL PEDAGOGI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats