EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP JENIS KELAMIN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK AUTIS KELAS VIII SMPLB DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

RAKHMA MUSLIKHAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran
powerpoint terhadap kemampuan mengenal konsep jenis kelamin dalam pembelajaran IPA pada anak autis kelas
VIII SMPLB di Sekolah khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Eksperimen yang digunakan yaitu Single Subject Researh
(SSR) dan desain yang digunakan adalah A-B-A. subjek penelitian yaitu seorang anak autis kelas VIII SMPLB,
berjumlah 1 orang siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint efektif
digunakan pada kemampuan mengenal konsep jenis kelamin dalam pembelajaran IPA pada anak autis kelas VIII
SMPLB. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase mean level yang diperoleh dari fase baseline-
1, intervensi, baseline-2 berturut-turut 68%, 80%, dan 93%. Hal ini berarti terdapat kenaikan sebesar +25% pada
kemampuan mengenal konsep jenis kelamin antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan media
powerpoint.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter