PENERAPAN DIKTAT BRAILLE TENTANG TEKNIK MELAWAT DENGAN TONGKAT TERHADAP KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS SISWA TUNANETRA KELAS V DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Riris Rahmanitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas diktat teknik melawat dengan tongkat pada pembelajaran Orientasi dan Mobilitas untuk siswa tunanetra kelas V SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa tunanetra kelas V di SLB-A Yaketunis Yogyakarta yang berjumlah 5 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kinerja dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan tes tanda (sign test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan diktat Braille tentang teknik melawat dengan tongkat efektif terhadap kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas V SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil tes tanda dengan diperoleh hasil p hitung didapat 0,031 dan p tabel 0,05, menunjukkan p hitung < p tabel, 0,031<0,05, dan dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata pencapaian pada tahap pre-test sebesar 46,25%, menjadi 89,75% pada tahap post-test, nilai tersebut telah melebihi indikator keberhasilan yaitu KKM sebesar 70%. Kemampuan orientasi dan mobilitas dalam menggunakan teknik melawat dengan tongkat mengalami peningkatan hasil rata-rata dari pre-test dengan post-test sebesar 43,5%.

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter