PROGRAM PARENT SUPPORT UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF SD BUDI MULIA DUA PANJEN

Ghina Arrifah

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan manajemen program inklusif di SD Budi Mulia Dua Panjen .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.
Informan penelitian ini adalah warga sekolah yang bersinggungan langsung dengan parent support pada layanan inklusif sekolah yaitu empat tenaga pendidik yang mengurus program inklusi dan empat orangtua siswa ABK. Metode pengumpulan data antara lain dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan program parent support dilakukan dalam bentuk rapat kerja yang membicarakan mengenai segala proses pelaksanaan kegiatan, (2) pelaksanaan program parent support yang telah dilakukan adalah parents meeting, seminar parenting, parent conferences, parents feedback, dan home visit; pertemuan informal, panggilan telepon, catatan tertulis, dan pesan whatsapp, (3) evaluasi kegiatan program parent support
dilakukan setiap akhir bulan untuk membicarakan program maupun tindak lanjutnya, dampak
partisipasi orangtua siswa TOP bagi sistem inklusif adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.
Kata kunci : program parent support, anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusif
Abstract
This study aims to examine and describe the management of inclusive programs at Budi Mulia Dua Panjen Elementary School.
This study uses a qualitative approach, with a type of descriptive research. The infomant of this study are four inclusive teachers and four parents of special needs students. The methods used in data collection include observation, interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis in this study is by data reduction, data display, and conclusion.
The results of the study are; (1) the planning of parent support program is carried out by
meetings to discuss all the processes for implementing activities, (2) the implementation of the parent support program that has been carried out are parents meetings, parenting seminars, parent conferences, parents feedback, home visits, informal meetings, telephone calls, written notes, and whatsapp messages, (3) the evaluation were held at the end of each month to discuss the program and follow-up, the impact of TOP parents' participation for inclusive systems is increasing children's confidence.
Keywords: parent support program, special needs children, inclusive school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter