PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPER PUPPETS (WAYANG KERTAS) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS TAMAN 1 SLB B KARNNAMANOHARA

Saventyanova Yulida Putri

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda pada siswa tunarungu kelas taman 1 di SLB B Karnnamanohara menggunakan media pembelajaran paper puppets (wayang kertas) dengan menggunakan metode role playing dan permainan tebak kosakata. Hasil penelitian pada seluruh subjek menunjukkan adanya peningkatan baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun pada hasil tes subjek. Dalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih aktif, antusias, percaya diri, mandiri, dan tidak bosan selama pelajaran berlangsung. Kosakata yang dikuasai siswa setelah dilakukan penelitian ini adalah kosakata benda yang mengacu pada nama diri, nama teman, nama guru, nama hewan, dan nama benda di ruang kelas. Siswa telah mampu menyebutkan kosakata benda dengan pengucapan yang baik, menunjuk dan menuliskan kosakata benda dengan dengan benar. Pada hasil tes tertulis dan lisan seluruh siswa mampu mencapai dan melebihi KKM pada tes tertulis yaitu 75 dan tes lisan dengan skor maksimal 24.
Kata Kunci: penguasaan kosakata benda, siswa tunarungu, media pembelajaran paper puppets (wayang kertas).

Abstract
The purpose of this research is to increase the noun vocabulary mastery of deaf students of kindergarten class in SLB B Karnnamanohara using instructional media called paper puppets using role playing method and word guessing game. The research result to all of subjects shows some improvement in learning process in the class as well as subjects test results. In learning process, students have become more confident, active, enthusiastic, independent, and not getting bored when class going on. Vocabulary that student possessed after research done is noun vocabulary, refers to their own name, friends name, teacher name, animals name, and things in the classroom. Students have been able to mention noun vocabulary with good pronounciation, appoint and write noun vocabulary properly. In written and oral test result, all of student could pass the test limit, that is 75 point for written test and 24 point for oral test.
Keywords: mastery of noun vocabulary, deaf students, instructional media paper puppets.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter