PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TUNARUNGU DALAM PERMAINAN YOGYA MONOPOLI (YM) DI SLB B KARNNAMANOHARA

Yeni Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan keterampilan sosial siswa tunarungu dalam permainan Yogya Monopoli (YM), yaitu media pembelajaran yang dikembangkan dari permainan monopoli konvensional. Keterampilan sosial yang dimaksud yaitu pada ruang lingkup komunikasi dan kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 5B di SLB B Karnnamanohara dan guru kelas sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data berupa triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam permainan Yogya Monopoli (YM) keterampilan sosial yang muncul dalam ruang lingkup komunikasi berupa mengkomunikasikan pendapat, memahami pembicaraan orang lain, mengobrol dengan teman dan memperhatikan lawan bicara, dan membangun hubungan harmonis. Pada ruang lingkup kerjasama keterampilan sosial yang muncul berupa empati, saling menghargai dan menjaga kebersamaan dalam kelompok.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter