PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS II B SD NEGERI GEDONGKIWO

Valeria Saubbaisagu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II B SD Negeri Gedongkiwo yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Teknik
pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dengan warna terangan pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dapat juga dilihat dari meningkatnya persentasi motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Di pra-siklus hanya 6,67% (2 siswa) yang memiliki motivasi belajar tinggi. Siklus I meningkat menjadi 96,67% (29 siswa), meningkat lagi sebesar 100% (30 siswa) pada siklus II. Hasil wawancara motivasi sebesar 78,47% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 100% pada siklus II dengan kategori sangat tinggi.

Kata kunci: Motivasi belajar, Media puzzle.

Abstract

This research aims to increase students' learning motivation. This study was a collaborative action research using a model of Kemmis and Mc. Taggart. The research was conducted in class II B of SDN Gedongkiwo which consists
of 30 students. The object of research was the students' learning motivation. Data collection techniques used observation and interviews. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive. The results indicate that the use of media puzzle with color publicly on science learning can increase learning motivation. It can be seen from the increasing percentage of students learning motivation from cycle to cycle. In the pre-cycle only 6.67% (2 students) who have a high motivation to learn. First cycle increase to 96.67% (29 students), increase again by 100% (30 students) in the second cycle. The results of motivational interviewing by 78.47% in the first cycle and increased again by 100% in the second cycle with very high category.

Keywords: Learning motivation, puzzle media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.