EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS IV SD JOMBLANGAN, BANTUL

Dwi Astuti

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pendekatan Saintifik terhadap keterampilan
menulis karangan narasi peserta didik kelas IV di SD Jomblangan, Kecamatan Banguntapan Kabupaten
Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pre test-post test control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Jomblangan yang
berjumlah 64 peserta didik, terdiri dari 32 peserta didik dari kelas IVB sebagai kelompok eksperimen dan
32 peserta didik dari kelas IVA sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk menilai keterampilan menulis
karangan narasi, sedangkan observasi digunakan untuk menilai keterlaksanaan Pendekatan Saintifik
dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis menggunakan t-test pada komputer berbantuan aplikasi SPSS
versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik lebih efektif
terhadap keterampilan menulis karangan narasi dibandingkan pembelajaran berbasis teacher centered.
Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test yaitu thitung 5,711 > ttabel 2,024 pada taraf signifikansi 5%. Hasil
rata-rata post test kelompok eksperimen sebesar 71,15 dan hasil rata-rata post test kelompok kontrol
sebesar 59,18. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa Pendekatan Saintifik lebih efektif
diterapkan pada pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV SD Jomblangan dibandingkan
pendekatan teacher centered.
Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, Pendekatan Saintifik
Abstract
This study is aimed to know the effectiveness of scientific approach to narrative writting skills in
fourth grade students of Jomblangan Elementary School, Banguntapan, Bantul. The kind of this study is a
quasi experimental research with pre test post test control group design. The population is all of fourth
grade students of Jomblangan Elementary School who amount 64 student, that 32 student from B class as
experiment group, and 32 student from A class as control group. The data collecting tehnique in this
study is by test and observation. Test was used to evaluate the narrative writting skills, and the
observation is to evaluate the scientific approach. The hypothesis was tested by t-test on computer with
SPSS version 20 application. The result of this study show that the lesson with scientific approach is more
effective to students narrative writting skills, compare than lesson with teacher centered approach. That
is proved by the result of t-test that showing thitung 5,711> ttable 2,024 in 5% significant level. Mean of
experiment group post test is 71,15 and the control group post test result is 59,18. Based on that result, it
can be infer that scientific approach more effective to applied in narrative writting skills lesson of
Jomblangan Elementary School fourth grade students, compare that teacher centered approach.
Key words : narrative writting skills, scientific approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.