ENGEMBANGAN MEDIA UNO STACKO TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

Helvy Eka Ardilasari

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Uno Stacko Tematik yang layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N Tegalpanggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitan dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 7 dari 10 tahap yang terdapat pada model Borg and Gall. Tahap yang dilakukan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dan observasi, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media Uno Stacko Tematik sudah dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar di Sekolah Dasar melalui beberapa proses validasi. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil validasi materi yang mendapatkan skor rata – rata 4,9 dengan kategori “sangat baik” dan validasi media yang mendapatkan skor rata – rata 4,93 dengan kategori “sangat baik”. Pada uji coba lapangan awal mendapatkan skor rata – rata 4,67 dari respon guru dengan kategori “sangat baik”, dan skor rata – rata 3,92 dari respon siswa dengan kategori “sangat baik”. Pada uji coba lapangan utama mendapatkan skor rata – rata 4,78 dari respon guru dengan kategori “sangat baik” dan skor rata – rata 3,90 dari respon siswa dengan kategori “sangat baik”.

Kata Kunci : pengembangan media, Uno Stacko Tematik

 

Abstract

This research was aimed to obtain Thematic Uno Stacko learning media product which deserved to be used to improve the learning interest of grade V students of SD N Tegalpanggung.The research type was research and development (R&D) by using seven out of ten stages in Borg and Gall model. The stages used by the researcher were data collection, planning, initial product development, field initial trial, product revision, field main trial, and product revision. The data collection techniques used by researchers is intervews and observation. The results of the development Thematic Uno Stacko media showed they deserved to be used to improve the learning interest in elementary school through several validation processes. It was proven based on the result of material validation average score of 4,9 in a ‘very good’ category and and media validation average score 4,93 in a ‘very good’ category. On the field initial trail, the researcher obtained the average score of 4,67 from the teacher assement in a ‘very good’ category and the average score of 3,92 from student assessment in a ‘very good’ category. On the field main trail obtained the average score of 4,78 from the teacher assement in a ‘very good’ category and the average score of 3,91 from student assessment in a ‘very good’ category.

Key Words: media development, Thematic Uno Stacko


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.