FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEDISIPLINAN SISWA SD NEGERI KARANGDALEM

Yogi Widi Prasetyo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan yang masih rendah di SD Negeri Karangdalem Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan faktor penyebab rendahnya kedisiplinan siswa yaitu 1) Guru, 2) Siswa, dan 3) Lingkungan.  Hambatan yang dialami dalam mendisiplinkan siswa berasal dari 1) Siswa: masih ada siswa yang belum paham dengan peraturan yang ada di sekolah, siswa sering melanggar peraturan, siswa sulit diberitahu, 2) Guru: guru takut jika membuat siswa menangis jika memberikan hukuman atau sanksi dalam mendisiplinkan siswa, kurangnya sosialisasi tentang kedisiplinan antara guru dengan siswa, dan komunikasi yang kurang baik antara siswa, guru, dan orangtua siswa yang kadang membuat kesalahpahaman.

Kata kunci: identifiksasi, kedisiplinan, SDN Karangdalem

 

Abstract

This research aims to derscribing the low discipline at SDN Karangdalem. This study used qualitative descriptive approach. The subjects of this study were students. The data collection technique used observation, interviews, and documentation. Data analysis technique use data reduction, data display, and conclusion. In testing the validaty of the data, researcher used triangulation technique and triangulation source. The result of the research shows that the low students discipline was caused by: 1) Teachers, 2) Students, 3) Area.Obstacles experienced in disciplining students come from 1) Students: there are still students who do not understand the rules in school, students often break the rules, students difficult to be told, 2) Teachers: teachers are afraid to make students cry when giving punishment or sanctions in disciplining students, lack of socialization about discipline between teachers and students, and poor communication between students, teachers, and parents who sometimes make misunderstandings.

Keywords: identification, discipline, SDN Karangdalem


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.