PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBUATAN PERATURAN KELAS SECARA KOOPERATIF PADA SISWAKELAS V SD NEGERI BEJI, WATES, KULON PROGO

Diah Nuri Kurniasih,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pembuatan peraturan kelas secara kooperatif pada siswa kelas V SD Negeri Beji, Wates Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa di SD Negeri Beji, Wates, Kulon Progo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif menggunakan model Milies & Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan deskriptif kantitatif menggunakan rumus presentase untuk mengukur kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan peraturan secara kooperatif telah diakukan dengan tahapan yang sesuai. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa melalui pembuatan peraturan kelas secara kooperatif dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kedisiplinan siswa berdasarkan hasil observasi dari siklus I dengan rata-rata 62.03 meningkat menjadi 77.99 pada siklus II dengan presentase kebberhasilan meningkat dari 16.63% menjadi 88.58%. Sedangkan berdasarkan angket kedisiplinan menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 48.38% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Kata kunci : kedisiplinan siswa, peraturan secara kooperatif.

 

Abstract

The purpose of this study is to improve students’ discipline through classroom regulation cooperatively in fifth graders of elementary school of Beji, Wates, Kulon Progo. This study conducted classroom action research with two cycles using Kemmis Mc Taggart model. Participants of the study is 31 students. Method used in this study to collect the data are observation and questionnaire. Analysis data techniques used in this study are descriptive qualitative using Milies & Huberman models with phases: 1) data reduction, 2) data representation, and 3) conclusion and descriptive quantitative combining with percentage formula to measure students’ discipline. The result of the study showed making classroom regulation cooperatively can improve students’ discipline. It showed from observation in cycle 1 with average 62.03 increase in cycle 2 become 77.99 with success percentage from 16.63% become 88.58%. Furthermore, from discipline questionnaire showed success percentage 48.38% in cycle 1 increase to 100% in cycle 2.

Keywords: students’ discipline, class regulation, cooperative


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.