IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKADI SD N SUTAN

Epriliana Rifanty

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter percaya diri pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Sutan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, pembina Pramuka, siswa Pramuka golongan Siaga dan Penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter percaya diri bagi Pramuka golongan Siaga menggunakan Dwi Satya dan Dwi Dharma. Tri Satya dan Dasa Dharma digunakan oleh Pramuka golongan Penggalang untuk memunculkan karakter percaya diri.  Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa berani tampil ketika praktek semaphore, memimpin baris-berbaris, dan tali temali. Pelaksanaan pendidikan karakter percaya diri telah menerapkan prinsip dasar Pramuka dan metode kepramukaan.Penghambat proses pendidikan yaitu sulit memfokuskan siswa kepada Pembina karena sudah terbiasa mengabaikan perintah. Evaluasi dilakukan melalui praktek yang menunjukkan keberanian dan kepercayaan diri siswa.

Kata kunci : Pendidikan Karakter Percaya Diri, Ekstrakurikuler Pramuka

 

Abstract

This research aims to describe the implementation of self confident character education in Scout extracurricular program in Sutan State Elementary School Sleman Regency. This research used qualitative descriptive method. The subject of the research were the headmaster, Scoutmaster, and the Scout of Penggalang and Siaga groups. The technic of data collection were observation, interview, and documentation. The data analysis technic used the model of Miles & Huberman. The result of the research showed thatthe implementation of self confident education for group Siaga Scout used “Dwi Satya” and “Dwi Dharma”. “Tri Satya” and “Dasa Dharma” were used by group Penggalang Scout to show the self confident character. It was showed by the students performing semaphore, leading line of marching, and rigging. The implementation of self confident education generally had applied Scout basic principles and Scout methods.The obstacle of education processwas difficulty in focusing the students to the Scoutmaster because they used to disobey orders. The evaluation was done by practice that showed the students bravery and self confidence.

Keywords: Self Confident Character Education, Scout Extracurricular

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.