PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Victy Vidaya Viqraizin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 286, dengan sampel yang berjumlah 165. Instrumen pengumpulan data berupa questioner terdiri atas 95 butir. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 30 guru. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang yang dilakukan adalah uji linieritas, normalitas dan heterokedastisitas. Uji heteroskedastisitas menggunakan pola grafis regresi, grafik tersebut terlihat bahwa titik-titik menyebar secara acak dan menyebar di atas dan di bawah angka nol (sumbu Y) sehingga tidak terjadi heteroskedasitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) kompetensi pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan 11,28%, 2) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan sebesar 6,32%, 3) kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan sumbangan sebesar 17,6%.

Kata kunci : kompetensi pedagogik, kepuasan kerja, kinerja guru

Abstract

This research aimed to explore pedagogic competence and job satisfaction towards teacher’s perfomance.The methodological approach was used quantitative aproached. The population were all of teachers in Public Junior School in KecamatanGondokusuman, totally were 286 teachers, totally of sampel is 165 teachers. The instrument to gather data was used questionnaire, consist of 95 items. Try out of instrument was done among 30 teachers. Reliability test was used Alpha Cronbach test. Test for assumption were linearity, normality, and heterocidity. Data was analysed by multiple regression. The result of research showed: 1) pedagogic competence affected significantly towards teacher’s perfomance, with the contribution was 11,28%. 2) job satisfaction affected significantly toward teachers perfomance, with the contribution was 6,32%. 3) pedagogic competence and job satisfaction affected significantly and simultaneously toward teacher’s perfomace, with total contribution was 17,6%.

Keywords: pedagogic competence,job satisfaction, teacher’s perfomance.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.