PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VA

Miftaahul Hidayah Al’alawiyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada siswa kelas VA di SD Muhammadiayah Karangharjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada siswa kelas VA di SD Muhammadiyah Karangharjo adalah untuk menanamkan nilai-nilai religius yaitu, nilai keyakinan, pengetahuan agama, praktik agama, rasa/pengalaman, dan pengamalan/konsekuensi untuk membentuk karakter religius yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Hal ini dilakukan melalui 3 cara yaitu;1) program pengembangan diri seperti,  a) kegiatan rutin, b) kegiatan spontan, c) keteladanan, d) pengondisian, 2) pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan 3) melalui budaya sekolah. 

Kata kunci: pelaksanaan, pendidikan karakter, religius


Abstract

This study aims at describing the implementation of religious character education in grade VA students in Elementary school Muhammadiyah Karangharjo. This was qualitative descriptive research with data collection technique through interview, observation, and documentation. The results of the study show that the implementation of religious character education in VA class students in Elementary school Muhammadiyah Karangharjo is to instill religious values that is, the value of belief, religious knowledge, religious practice, feel/experience, and effect/consequence to form religious character obedient in carrying out the teachings religion that he embraces. This is done through 3 ways; 1) self-development programs such as, a) routine activities, b) spontaneous activities, c) exemplary, d) conditioning, 2)integration in subjects, and 3) through school culture.  

Keyword: the implementation, character education, religious


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.