KAJIAN ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 JENJANG SMP

Imas Marfudhotun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pendidikan karakter yang terdapat dalam buku pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 jenjang SMP dan mengetahui letak pendidikan karakter pada komponen bahan ajar dan buku teks dalam buku pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 jenjang SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 jenjang SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Instrumen penelitiannya adalah Human Instrument. Teknik analisis data yang digunakan adalah pembandingan, kategorisasi, penyajian data, dan pembuatan inferensi. Keabsahan data yang digunakan adalah validitas dan reabilitas. Validitas data yang digunakan adalam semantik dan referensial. Data hasil semantik dan referensial dikonsultasikan kepada expert judgment. Reliabilitas yang digunakan adalah intrarater dan interrater.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) buku pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 jenjang SMP terdapat 17 nilai pendidikan karakter. Nilai tersebut terdiri dari 16 nilai pendidikan karakter dari 18 pendidikan karakter menurut Perpres dan 1 nilai pendidikan karakter lainnya yang terdapat di dalam Al-Qur’an. (2) Letak jenis atau nilai pendidikan karakter terdapat pada petunjuk belajar, kompetensi dasar dan materi pokok, petunjuk kerja atau lembar kerja, dan evaluasi.

 

 

Kata kunci: pendidikan karakter, buku pembelajaran, Kurikulum 2013, komponen bahan ajar dan buku teks


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.