ANALISIS KESESUAIAN MATERI SASTRA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTs DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 EDISI REVISI TAHUN 2016

Desiana Auliani Nor Isnaini

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi sastra dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi. Subjek penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII, VIII, dan IX yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang digunakan yaitu materi sastra yang ada pada buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII, VIII, dan IX yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi sastra buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII, VIII, dan IV dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 seperti yang tercantum dalam Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016.

Berdasarkan hasil analisis penelitian ini diperoleh tiga simpulan. Pertama, materi sastra dalam buku pegangan guru dan buku siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 terdapat dua kompetensi dasar yang kurang sesuai yaitu kompetensi dasar  3.4 dan 3.13. Kedua, materi sastra dalam buku pegangan guru dan buku siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 terdapat satu materi sastra yang kurang sesuai dengan dimensi keterampilan ranah abstrak yaitu pada kompetensi dasar 4.7 dan menyebabkan tujuan kompetensi dasar kurang sesuai. Ketiga, materi sastra dalam buku pegangan guru dan buku siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018 terdapat materi sastra yang kurang sesuai dengan dimensi pengetahuan konseptual yaitu kompetensi dasar 3.5 dan dimensi keterampilan ranah abstrak yaitu materi sastra pada kompetensi dasar 4.11. Kurang sesuainya materi sastra dimensi pengetahuan konseptual dan dimensi keterampilan ranah abstrak pada kompetensi dasar 3.5 dan 4.11 tersebut menyebabkan materi sastra kurang sesuai dengan tujuan kedua kompetensi dasar tersebut.

 

Kata Kunci : buku teks, materi pembelajaran, pembelajaran sastra, kompetensi inti, kompetensi dasar

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.