FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA ANGKATAN 2013 MASUK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY

Armando Susilo, Dwi Rahdiyanta

Abstract


Pengaruh pemahaman diri, keluarga dan sekolah pada minat melanjutkan ke Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JPTM) FT UNY telah diteliti. Sampel penelitian ex-post facto ini adalah mahasiswa angkatan 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif dengan analisis regresi linier sederhana dan ganda. Pemahaman diri (X1), keluarga (X2), dan sekolah (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke JPTM FT UNY ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (X1=4,987, X2=2,151 dan X3=2,889 > 1,65). Kecenderungan minat melanjutkan ke JPTM FT UNY dalam kategori sangat tinggi. Total sumbangan efektif faktor pemahaman diri, keluarga dan sekolah asal terhadap minat melanjutkan ke JPTM FT UNY adalah 54,23 %, sedang 45,77 % dipengaruhi oleh faktor lain.

The effect of self-understanding, family and school on interest to proceed to Mechanical Engineering Education Department (JPTM) FT UNY has been investigated. Samples of this ex post facto study were undergraduate students academic year 2013. Data were collected using questionnaire, observation and documentation. It is then analyzed descriptively using simple and multiple linear regression. Self-understanding (X1), family (X2), and school (X3) simultaneously affecting interest to proceed to JPTM FT UNY positively and significantly shown by tcalculate > ttable (X1=4,987, X2=2,151 dan X3=2,889 > 1,65). Effective contribution total of self-understanding, family, and school on interest to proceed to JPTM FT UNY was 54,23 %, while 45,77 % affected by another factors.

 


Keywords


Minat melanjutkan studi, Pemahaman diri, Keluarga, Sekolah, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin; interest to proceed, self-understanding, family, school, Mechanical Engineering Education Department

Full Text:

PDF

References


------. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdikbud.

Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Anton M. Moeliono (2012).Pengertian Informasi. Diakses tanggal 24 Desember 2013 dari http://Wira's%20Blog:%20Pengertian%20Informasi%20Menurut%20Para%20Ahli.webarchive.

Haryadi Sarjono dan Winda Julianita. (2011). SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Jonner Hasugian. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan. Medan : USU Press

Nurhadi. (2014). Ujian Tulis Nasional (UTN) PPG UNY 2014. Diakses tanggal 7 November 2014 jam 17.01 WIB dari http://uny.ac.id/berita/ujian-tulis-nasional-utn-ppg-uny-2014.html

Nur Faridah. (2007). Faktor-Faktor Internal Yang Mempengaruhi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dalam Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Listyo Budiarto. (2013). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat siswa SMP di Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul untuk melanjutkan ke SMK. Abstrak Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses tanggal 3 April 2013 jam 10.41 WIB dari eprints.uny.ac.id/10241/1/Artikel%20Listyo%20Budiarto.pdf.

Munandir. (1996). Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Akademik.

Soerjono Soekanto. (1982). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yus Agusyana & Islandscript. (2011). Olah Data Skripsi dan Penelitian Dengan SPSS 19. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yusuf Amin Nugroho, (2013). Profesionalisme Guru (Analisis UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen). Diakses tanggal 7 November 2014 dari http://www.tintaguru.com/2013/05/profesionalisme-guru-analisis-uu-no-14.html




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin